Sabtu, 17 Desember 2011

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pengertian pandangan hidup adalah pertimbangan atas pilihan hidup apa yang akan menjadi masa depannya kelak. Ada juga yang berpendapat bahwa pandangan hidup adalah pedoman hidup, petunjuk hidup, juga pertimbangan hidup. Dan pendapat maupun pertimbangan hidup setiap individu adalah pemikiran yang membutuhkan waktu yang lama juga terus menerus.
Pandangan hidup berdasarkan asalnya yaitu:
1. Pandangan hidup berasal dari agama
2. Pandangan hidup berasal dari ideology
3. Pandangan yang berasal dari hasil renungan.
Pandangan hidup pada dasamya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan. Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan. Cita – cita ialah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia malunur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan. Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.
Dalam setiap pandangan hidup pasti terdapat cita-cita. Cita-cita adalah tujuan yang dibuat oleh setiap individu dalam melakukan pencapaian tertentu. Karena pada dasarnya manusia hidup di dunia ini adalah untuk mencapai tujuan hidup yan bersifat duniawi juga akhirat.
Kebajikan atau kebaikan pada dasarnya adalah perbuatan baik menurut agama dan sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Pada dasarnya setiap makhluk hidup itu adalah makhluk yang baik karena sebagai makhluk sempurna, manusia dapat menentukan apa yang pantas dilakukan dan tidak pantas dilakukan. Suara hati memiliki peran penting dalam menentukan p0erbuatan yang akan dilakukan manusia. Oleh karena itu apa yang pada akhirnya dilakukan manusia adalah suara hati terdalam seseorang tersebut.
Usaha dan perjuangan dapat disebut dalam mencapai cita-cita dan impian. Kerja keras dapat dilakukan dengan otak atau ilmu maupun dengan fisik atau tenaga atau kedua-duanya. Dan biasanya kerja keras seseorang dibatasi oleh kemampuan setiap orang.
Keyakinan atau kepercayaan adalah pandangan hidup sesuai dengan kekuasaan tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution ada 3 aliran filsafat yaitu:
1. Aliran naturalism
2. Aliran intelektualisme
3. Aliran gabungan
Dan dalam berpandangan hidup kita harus memiliki langkah-langkah yang tepat seperti:
• Mengenal
• Mengerti
• Menghayati
• Meyakini
• Mengabdi
• Mengamankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar