Senin, 10 Oktober 2011

KONSEPSI IBD dalam KESUSTRAAN

Konsepsi I.B.D dalam Kesusastraan

A.IBD
Pengertian
            IBD adalah salah satu cabang pengetahuan yang pastinya membahas dasar-dasar dan gambaran juga pengertian umum tentang manusia dan kebudayaan. Seperti pada umumnya, ada beberapa istilah atau kata-kata lainnya yang berasal dari bahasa asing. IBD juga berasal dari bahasa inggris “The Humanities”. Bahasa humanities itu berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia,berbudaya dan halus. Jika kita lihat dari arti dari IBD beserta asal katanya, kita dapat memahami bahwa mempelajari IBD bertujuan untuk menjadi manusia yang memiliki rasa keberbudayaan yang tinggi.

B.PENDEKATAN KESUSASTRAAN
Pengertian sastra dan seni
          Sastra yang berasal dari bahasa sansekerta memiliki arti “Teks yang mengandung instruksi” atau “Pedoman”. Seni, mungkin semua orang mengetahui tentang keberadaan seni itu sendiri. Tetapi tidak banyak orang dapat mengartikan apa itu seni. Diperkirakan kata seni itu berasal dari kata “SANI” yang berarti “jiwa yang luhur/ketulusan jiwa”. Ada juga yang berpendapat bahwa seni itu adalah barang atau karya dari sebuah kegiatan. Tetapi yang lainnya berpendapat bahwa seni adalah sesuatu yang dapat dinikmati setiap orang dalam bentuk karya yang disajikan dengan tampilan yang berbeda-beda. Misal, seni yang ditampilkan dalam bentuk pahatan patung, seni yang ditampilkan dalam bentuk drama dll.


Diambil dari www.google.com
Peranan Sastra
Sastra dapat memperhalus jiwa dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berpikir dan berbuat demi pengembangan dirinya dan masyarakat serta mendorong munculnya kepedulian, keterbukaan, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Maksudnya adalah berusaha membuat masyarakat itu sendiri dapat melakukan sesuatu yang mengembangkan imajinasi mereka dalam kehidupan sehari-hari. Contoh : sastra yang kita tahu hanyalah sesuatu yang berhubungan erat dengan seni yang dapat dinilai dengan keindahannya. Tetapi sastra juga dapat digunakan untuk mendorong munculnya kepedulian, keterbukaan, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Seperti, sebuah kelompok yang melakukan pertunjukan teater di tempat umum dengan tujuan dapat menyumbangkan uang hasil pertunjukan yang dapat dikumpulkan kepada yang tidak mampu atau uang tersebut dapat digunakan sebagai awal untuk membuka sebuah sekolah seni umum.


Diambil dari www.google.com


Hubungan IBD dengan Sastra dan Seni
          Dengan melihat kalimat hubungan antara IBD dengan sastra juga seni kita dapat mengetahui bahwa pengetahuan tentang IBD yang dibahas memiliki keterkaitan dengan sastra dan seni. Begitupun sebaliknya hubungan sastra dan seni dengan IBD, karena pembahasan tentang sastra dan seni tidak lepas tentang budaya. Contoh: Budaya Indonesia sangat menunjukan adanya peranan sastra dan seni didalamnya.

Diambil dari www.google.com

C.IBD yang DIHUBUNGKAN dengan SASTRA
IBD dengan PROSA
            Kata prosa berasal dari bahasa latin yang artinya “terus terang”. Prosa biasanya menggambarkan tentang ide atau fakta. Maka dari itu prosa dapat digunakan dalam penulisan surat maupun surat kabar,novel,majalah,ensiklopedia dsb.

JENIS-JENIS PROSA
            Prosa dibagi menjadi dua bagian yaitu prosa lama dan prosa baru. Prosa lama adalah prosa Indonesia yang belum dipengaruhi oleh budaya barat sedangkan prosa baru adalah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apapun.
·         Komponen-komponen dalam prosa lama
1.      dongeng-dongeng
2.      hikayat
3.      epos
4.      sejarah
5.      cerita pelipur lara
·         Komponen-komponen dalam prosa baru
1.      otobiografi
2.      biografi
3.      kisah
4.      roman/novel
5.      cerpen


IBD dengan PUISI
     Pengertian Puisi
Puisi (dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) = I create) adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Puisi adalah bentuk karangan yang tidak terikat oleh rima, ritme ataupun jumlah baris serta ditandai oleh bahasa yang padat.
Kreativitas Penyair Dalam Membangun Puisinya
·         Figura bahasa
·         Kata-kata yang ambiquitas
·         Kata-kata berjiwa
·         Kata-kata yang konotatif
·         Pengulangan

Alasan-alasan yang Mendasari Penyajian Puisi Dalam IBD
1.       Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia.
Perekaman dan penyampaian pengalaman dalam sastra puisi disebut "pengalaman perwakilan". lin berarti bahwa manusia senantiasa ingin memiliki salah satu kebutuhan dasamya untuk lebih menghidupkan pengalaman hidupnya dari sekedar kumpulan pengalaman langsung yang tethatas.Dengan pengalaman perwakilan itu sastra/puisi dapat memberikan kepada para mahasiswa memiliki kesadaran (insight-wawasan) yang penting untuk dapat melihat dan mengerti banyak tentang dirinya sndiri dan tentang masyarakat.
2.       Puisi dan keinsyafan/kesadaran individual.
Dengan membaca puisi manusia/individu dapat diajak untuk dapat menjenguk hati/pikiran manusia/individu lainnya, baik orang lain maupun diri sendiri, karena melalui puisinya sang penyair menunjukkan kepada pembaca bagian dalam hati manusia, ia menjelaskan pengalaman setiap orang.
3.       Puisi dan keinsyafan sosial
Puisi juga memberikan kepada manusia tentang pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial, yang terlibat dalam isue dan problem sosial.

Contoh Puisi
Tubuh rapuh ku terhujani lagi
Tapi tenang
Tak sampai menyerap ke dalam batin
Kau yang ada di dada ku
Tetap hangat tak terkuyup basah
Meski sekarang tubuh ku menggigil

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar